Categories
Printing

Bisnis Percetakan Buku Tahunan Jakarta Selatan Modal 5 Jutaan

Rasanya membuka percetakan buku tahunan Jakarta Selatan bisa jadi ide yang bagus untuk memulai usaha. Anda bisa mencobanya mulai dari skala rumahan hingga akhirnya bisa merambah ke tingkat yang lebih besar.

Langkah Memulai Usaha Percetakan Buku Tahunan Jakarta Selatan

Memulai usaha percetakan kecil tentu berbeda dengan skala yang besar. Maka dari itu, Anda harus belajar mengetahui langkah-langkahnya dengan tepat. Jangan sampai, baru berjalan sebentar langsung bangkrut.

  1. Tentukan Nama Brand

Penamaan brand cukup penting untuk dipikirkan di awal. Biasanya, setelah berhasil menemukan nama akan jauh lebih mudah menentukan banyak hal setelahnya. Pilihlah nama yang sederhana namun tidak pasaran, sesuaikan dengan produk-produk yang ditawarkan agar match.

  1. Mencari Naskah

Jika tidak ada penulis di usaha percetakan maka pertimbangkan untuk mengambil naskah dari luar, entah order atau membeli ke pihak ketiga. Gandeng banyak orang sebagai penulis dan pastikan kualitas naskah yang dicetak benar-benar berbobot.

  1. Cetak Naskah

Setelah berhasil memperoleh naskah, selanjutnya adalah tahap cetak buku. Perhatikan kualitas hasilnya, jangan sampai ada kekeliruan. Jika sudah jadi jangan lupa untuk menyortirnya dengan benar dan teliti. Pastikan semuanya dalam kondisi baik.

  1. Tentukan Harga Jual

Setelah jadi maka buku akan dipasarkan, namun sebelumnya tentukan harga jual produk tersebut pastikan tidak mengalami kerugian. Khusus hal ini, Anda bisa berkonsultasi dengan ahlinya untuk menghitung harga jual yang pas. Ambil keuntungan normal dan jangan terlalu mahal.

Modal 5 Jutaan Bisa Buka Usaha Percetakan Buku

Membuka usaha tidak selalu harus mengeluarkan modal yang besar. Anda bisa memanfaatkan uang yang ada sembari menimbun keuntungan mulai dari kecil hingga besar. Jangan terpaku dengan hal wow untuk memulainya.

Siapkan modal usaha sebesar 5 juta dan cobalah untuk membuka bisnis percetakan rumahan. Tidak perlu membeli banyak perlengkapan dulu, seadanya untuk di awal sudah cukup. Jika sudah berhasil baru kembangkan yang ada.

Modal ini nantinya bisa berkembang seiring waktu, asal lakukan pembukuan dengan jelas dan cermat. Catat pengeluaran juga pemasukan yang ada. Simpan hasil keuntungan hingga nantinya bisa dipakai untuk mengembangkan usaha. Berikut contoh rinciannya.

  • Beli perangkat penting, yaitu PC atau komputer. Kalau bisa beli yang second tapi masih berfungsi dengan baik sehingga hemat modal.
  • Selanjutnya, belilah printer untuk mencetak produk. Khusus ini, beli yang baru agar penggunaannya lebih maksimal.
  • Membeli perlengkapan tambahan, seperti mesin laminating, mesin plong, kertas, tinta, dan lain sebagainya.

Bisa jadi percetakan buku tahunan Jakarta Selatan contoh yang nyata mengenai usaha di bidang ini. Nyatanya dengan modal 5 juta, juga bisa dijalankan meski harus dari skala kecil terlebih dahulu sebelum akhirnya berkembang pesat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *