Categories
Uncategorized

Bumbu Bistik Ayam Giling Yang Mudah Dibuat Dirumah

Bumbu bistik ayam giling merupakan resep yang mudah dibuat dirumah. Selain mudah dibuat resep ini sering dijadikan menu utama karena rasanya yang lezat karena dibuat dengan bumbu khas nusantara yang sangat disukai oleh semua kalangan masyarakat.

Pengertian Cara Memasak Daging Giling

daging giling

Daging adalah bagian lunak dari hewan, terdiri dari serat yang sangat kecil, yang masing-masing merupakan sel yang disatukan oleh jaringan ikat, membentuk bundel ikatan yang terlihat jelas dengan lemak, pembuluh darah, dan saraf di sebagian besar jenis daging. Jika sepotong daging diamati dengan cermat, maka jelas bahwa daging terdiri dari jaringan yang terdiri dari air, protein, serat, jaringan adiposa, dan potongan tulang.

Kita bisa mengelompokkan berbagai jenis daging seperti daging sapi, ayam, kerbau, kambing, daging unta, dll. Namun yang sering kita jumpai adalah daging sapi. Daging sapi adalah daging yang diperoleh dari otot sapi dan biasa digunakan untuk mengonsumsi makanan.

Penggunaan daging ini berbeda-beda tergantung cara pengolahannya. Sebagai contoh makanan luar ruangan yang khas, iga terutama digunakan di Eropa dan Amerika Serikat sebagai bahan untuk membuat steak, itulah sebabnya bagian dari daging sapi ini sangat sering diperdagangkan. Selain itu daging ini juga bisa digiling dan dibuat bakso dengan choper dan mesin giling daging  bakso.

Bistik

Bistik sendiri marupakan kata serapan dari beef steak yang merujuk pada daging sapi. Nah, beef steak berupakan olahan daging yang tidak biasa, daging yang biasa dipakai adalah bagian daging tinderolin / sirloin (daging yang terlepas dari jaringan otot). Namun, bistik (beef steak) diIndonesia bahan utama resep beef steak tidak harus daging sapi, melainkan bisa menggunakan daging ayam atau daging ikan.

Manfaat Mengonsumsi Daging Ayam

daging ayam

1. Daging Ayam Mengandung Protein Baik Untuk Otot

Protein menjadi salah satu zat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Daging ayam menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Tingginya protein dalam daging ayam dapat membantu untuk meningkatkan pembentukan otot. Biasanya manfaat ayam ini digunakan bagi orang yang sedang ingin membentuk massa otot dengan melakukan aktivitas gym.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Tak hanya itu, daging ayam juga bisa digunakan sebagai makanan diet namun dengan olahan yang berbeda dari biasanya. Misalnya tidak dimasak dengan minyak goreng panas untuk menghindari kolesterol jahat, biasanya teknik yang dilakukan dengan cara direbus atau digoreng dengan virgin oil. Bagian dada dan paha memiliki jumlah protein hingga 25 – 30 gram pada tiap potongnya. Selain itu, daging ayam juga dapat memberikan efek kenyang.

Ingat ALovers, walaupun ayam memiliki kandungan protein yang cocok untuk diet, namun kamu harus tetap menyeimbangkannya dengan olahraga. Supaya berat badan ideal kamu bisa tercapai.

3. Meningkatkan Metabolisme

Tidak hanya protein, saat kamu memakan daging ayam terdapat kandungan vitamin B6 yang dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh kamu lho.

Jadi, kamu nggak perlu takut gendut saat makan ayam. Eits, yang paling penting kamu jangan berlebihan saat makan ayam dan harus diperhatikan bagaimana saat ayam dimasak.

4. Dapat Mengontrol Tekanan Darah

Ayam mengandung vitamin B3 atau kandungan niacin memiliki fungsi yang baik untuk tubuh kamu yaitu, menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Biasanya ayam sangat dianjurkan bagi orang yang memiliki penyakit hipertensi. Kula saranin, kamu mengkonsumsi bagian dada karena rendah lemak dan dimasak dengan cara direbus.

5. Mampu Menghilangkan Stres

Aku tebak pasti kamu baru tahu nih manfaat dari ayam yang ini. Yup betul, mengkonsumsi daging ayam ternyata bisa menghilangkan rasa stres. Lho, kok bisa? Nih, simak ya.

Ayam memiliki kandungan vitamin B5 dan asam amino yang biasa disebut dengan tryptophan. Zat ini berfungsi untuk menghilangkan rasa stress dan dinilai bisa merubah suasana hati menjadi lebih tenang dan rileks. Nah, buat kamu yang lagi banyak pikiran bisa dicoba nih makan menu ayam supaya kamu bisa lebih tenang.

Bumbu Bistik Ayam Giling

bistik ayam giling

Bahan-bahan :

  • 1/4 kg ayam giling
  • Bahan ayam
  • 4 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 2 butir kemiri
  • Bahan kuah
  • 3 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay
  • Kecap
  • Tomat
  • Kaldu ayam
  • Pelengkap
  • Garam, gula, lada, pala dan penyedap secukupnya
  • Wortel dan buncis (dikukus pakai mentega)

Langkah-langkah :

  1. Campur ayam giling dengan bahan ayam yg telah dihaluskan, beri penyedap cek rasa. Siapkan air, stlh mnddih msukkan ayam dan tunggu smpai bulatan ayam mengapung. Air rebusan jgn dbuang, nanti akn djdikn kaldu.

  2. Tumis bahan kuah, smpai harum. Masukkan kaldu ayam, tunggu mndidih, stlh mndidih lalu masukkan bulatan ayam, kecap, pala, garam, gula dan penyedap, cek rasa. Setelah cocok takhr masukkan tomat.

  3. Tata wortel dan buncis yang telah dikukus diatas piring, siram dengan kuah bestik dan ayamnya, sajikan selagi hangat

    Sekian pembahasan tentang bumbu bistik ayam giling apabila ingin mencoba resep daging sapi, bisa mencoba resep buncis daging cincang sapi yang simpel dan mudah dibuat.

    Semoga artikel ini bermafaat, dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *