Categories
Uncategorized

Bumbu Bistik Daging Kambing Yang Lezat Dan Spesial

Bumbu bistik daging kambing merupakan resep yang mudah dibuat dirumah. Selain mudah dibuat resep ini sering dijadikan menu utama karena rasanya yang lezat karena dibuat dengan bumbu khas nusantara yang sangat disukai oleh semua kalangan masyarakat.

Manfaat Daging Kambing

daging kambing

Manfaat daging kambing dengan teknik pengolahan yang tepat akan memberikan sejumlah manfaat kesehatan berikut :

1. Mencegah Kanker

Daging kambing mengandung CLA (Conjugated Linoleic Acid) atau asam lemak yang dikenal mampu mencegah kanker dan meminimalisir risiko peradangan.

Selain itu, kandungan selenium dan klorin dalam daging kambing juga membantu kita untuk meminimalisir risiko terkena penyakit kronis ini.

2. Anti Inflamasi

Daging kambing mengandung zat anti-inflamasi. Oleh karena itu, mengonsumsinya bisa menghambat peradangan di pembuluh darah dan menstabilkan detak jantung.

3. Membakar Lemak

Daging kambing kaya akan vitamin B yang membantu tubuh membakar lemak. Selain itu, daging kambing juga rendah lemak jenuh dan tinggi protein sehingga cocok dikonsumsi saat diet.

4. Mencegah Anemia

Mengonsumsi daging kambing membantu mencegah anemia, khususnya untuk ibu hamil dan wanita menstruasi. Daging kambing juga membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah bayi cacat lahir.

5. Meningkatkan Kesehatan Mental

Kandungan vitamin B12 dalam daging kambing membantu meredakan stres dan depresi.

6.  Mencegah Stroke Dan Gangguan Ginjal

Daging kambing juga tinggi asam lemak Omega 3 namun rendah kalium dan natrium. Itu sebabnya, mengonsumsi daging kambing membantu mencegah penyakit ginjal dan stroke.

7.  Menjaga Kesehatan Tulang

Daging kambing mengandung kadar kalsium yang tinggi yang membantu mendukung pertumbuhan tulang.

Memilih Daging Kambing

daging kambing segar

Daging kambing biasa dijual segar di pasar swalayan atau pun pasar tradisional. Daging kambing yang paling enak berasal dari kambing muda, berumur kurang dari 4 bulan, dengan daging yang masih empuk karena seratnya masih halus.

Saat membeli, pilih yang warnanya merah muda, cerah dan baunya segar. Bila dipegang dagingnya masih kenyal dan lembap. Hindari daging yang mempunyai bercak kecokelatan atau abu-abu yang menandakan daging sudah tidak segar lagi. Semakin gelap warna daging, berarti semakin tua umur kambing.

Menyimpan Daging Kambing

Daging kambing yang baru dipotong dan segera digantung dan diangin-anginkan, daya tahannya bisa mencapai 24 jam. Untuk penyimpanan dalam jangka waktu yang lebih lama (lebih dari 24 jam), masukkan daging kambing dalam chiller.

Sedangkan untuk penyimpanan dalam jangka waktu yang lebih panjang lagi (lebih dari 1 bulan), simpanlah dalam freezer. Saat akan mencairkan, taruh daging dalam lemari es, biarkan hingga es mencair.

Sebagai patokan, untuk mencairkan 500 gram daging beku diperlukan waktu 5 jam dalam lemari es atau 2 jam dalam suhu kamar. Proses pencairan dalam lemari es memang lebih lambat, tetapi lebih baik karena daging tidak kehilangan terlalu banyak cairan.

Bistik

bistik

Bistik sendiri marupakan kata serapan dari beef steak yang merujuk pada daging sapi. Nah, beef steak berupakan olahan daging yang tidak biasa, daging yang biasa dipakai adalah bagian daging tinderolin / sirloin (daging yang terlepas dari jaringan otot).

Namun, bistik di Indonesia bahan utama resep beef steak tidak harus daging sapi, melainkan bisa menggunakan daging ayam atau daging ikan.

Bumbu Bistik Daging Kambing

Bahan-bahan :

  • 450 gram daging dan tulang kambing
  • 2 sendok makan blueband
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • Air secukupnya

Bumbu:

  • 15 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay ukuran besar
  • 2 sendok teh lada putih
  • 2 buah tomat,parut
  • 5 sdm kecap manis
  • 1/2 butir pala
  • 1 jari kayu manis
  • Garam 1 sendok makan
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional)

Pelengkap :

  • Wortel rebus,potong memanjang
  • Buncis rebus,potong potong
  • Kentang goreng, potong dadu

Cara Membuat Bumbu Bistik Daging Kambing :

  1. Haluskan bawang merah,bawang putih & lada,sisihkan.
    Bagi bawang bombay menjadi 4 bagian,potong memanjang,sisihkan.

  1. Panaskan minyak goreng dan blueband, kemudian tumis bawang bombay hingga harum,
  2. masukan bumbu yg sdh dihaluskan tadi,tumis hingga matang.
  3. Masukan tomat,aduk rata. Tambahkan kecap lalu aduk,tumis hingga matang.
  1. Masukan daging,aduk rata.Masak hingga daging berubah warna,beri air secukupnya.Bumbui dgn garam,kaldu bubuk & gula pasir,aduk rata.
  2. Masak hingga daging matang dan bumbu meresap, lalu koreksi rasa.
  3. Sajikan

Itulah bumbu bistik daging giling, jika ingin membuat menggunakan daging giling sapi bisa mencoba olahan daging giling sapi yang tentu dagingnya sudah digiling menggunakan choper dan mesin daging giling bakso.

Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *