Categories
Teknologi

Cara Aktivasi Windows 7

Meskipun dirilis sekitar sepuluh tahun yang lalu oleh perusahaan raksasa Microsoft, Windows 7 masih lebih disukai oleh pengguna setia sistem operasi Windows sampai sekarang.

Ini karena tampilannya sederhana tetapi menarik dan cara mudah untuk mengaktifkan Windows 7.

Aktivasi diklasifikasikan sebagai dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya atau yang lebih baru.

Ada beberapa cara untuk mengaktifkan sistem operasi ini, termasuk aktivasi dengan lisensi resmi (permanen), Windows Loader (offline) dan menggunakan command prompt (CMD).
Tentang mengaktifkan Windows 7
Artikel ini akan membahas berbagai cara untuk mengaktifkan Windows 7, langkah demi langkah. Tapi sebelumnya, mari cari tahu mengapa mengaktifkan Windows 7 itu penting.

Windows 7 menawarkan Anda masa uji coba 30 hari sejak pertama kali diinstal. Selama ini, Windows 7 dapat digunakan tanpa masalah tanpa aktivasi.

Namun, setelah melewati masa percobaan, proses aktivasi dengan kunci produk menjadi wajib. Jika tidak diaktifkan, Anda akan mengalami beberapa masalah menggunakan sistem operasi ini.
Beberapa dari masalah ini adalah sebagai berikut.

Jendela aktivasi Windows muncul terus menerus setiap kali Windows 7. Jendela tersebut muncul sebagai pemberitahuan bahwa sistem operasi yang Anda gunakan tidak asli dan harus diaktifkan. Jendela ini hanya dapat menghilang setelah mengklik “Tanya saya nanti”.
PC desktop atau laptop Anda akan secara otomatis menjadi hitam dan membaca Salinan Windows ini tidak asli di sudut kanan bawah. Kondisi ini akan diinstal secara otomatis bahkan jika Anda menginstal wallpaper lain di latar belakang.

Agaknya, tidak hanya Windows 7 yang akan mengalami beberapa masalah atau masalah jika tidak diaktifkan.

Semua versi yang lebih baru, termasuk Windows 8.1 dan Windows 10, juga akan tetap sama walaupun interferensinya tidak sama.

Beberapa cara untuk aktivasi Windows 7 termasuk yang berikut ini.

Cara Aktivasi Windows 7 secara permanen

Untuk mengaktifkannya secara permanen, Anda harus terlebih dahulu membeli kunci produk Windows 7 dari pasar, seperti Tokopedia, atau langsung dari Microsoft.

Setelah pembelian berhasil, Anda akan menerima email dengan kunci lisensi. Hanya pada tahap ini, Windows 7 dapat diaktifkan.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Klik Mulai di sudut kiri bawah PC atau laptop Anda. Kemudian klik kanan Komputer, lalu pilih Properti.
  • Di jendela Properti, muncul pemberitahuan yang meminta Anda untuk mengaktifkan Windows 7.
  • Klik “Activate Windows Now” dan tunggu beberapa saat.
    Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan kunci produk Windows 7 atau kunci serial yang dapat Anda kirimi email.
  • Klik Berikutnya dan tunggu beberapa saat lagi untuk menyelesaikan proses verifikasi kunci produk Anda.
  • Jika sudah besar, akan ada notifikasi “Sukses Sukses”. Dengan kata lain, kunci produk Anda valid.

Aktivasi dengan Windows Loader

Metode aktivasi kedua ini mengharuskan Anda mengunduh Windows Loader. Namun, setelah mengunduhnya, Anda tidak dapat langsung membuka Windows Loader tanpa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Matikan Windows Defender dan semua perangkat lunak antivirus yang ditemukan di laptop atau PC Anda.
  • Matikan internet dengan memutuskan koneksi wifi dan LAN.
    Nonaktifkan Windows Firewall. Caranya: Klik Mulai, pilih Panel Kontrol, pilih Sistem dan Keamanan, pilih Windows Firewall, pilih
  • Hidupkan atau Matikan Firewall Windows, lalu centang Matikan Windows Firewall.
  • Setelah semuanya dimatikan, Anda hanya dapat membuka file unduhan Windows Loader dengan memilih salah satu cara: ekstrak format Windows Loader RAR atau klik kanan pada file unduhan dan kemudian pilih Jalankan sebagai administrator.
  • Di jendela Windows Loader yang muncul kemudian, pilih Install dan tunggu beberapa saat hingga jendela “Installation Complete” muncul.
  • Di jendela, ada deskripsi “Sertifikat dan serial dipasang dengan benar”. Klik OK, lalu tutup perangkat lunak Windows Loader.
    Nyalakan kembali laptop atau PC Anda.
  • Setelah startup selesai, klik Mulai, klik kanan Komputer, lalu pilih Properti untuk melihat apakah proses aktivasi dengan Windows Loader berhasil atau tidak. Jika teks GENUINE muncul di jendela Properties, proses aktivasi telah berhasil.

Mulai ulang Windows Defender, perangkat lunak antivirus, koneksi Internet, dan Windows Firewall dengan cara yang sama seperti ketika Anda mematikannya sebelumnya.

Cara aktivasi Windows 7 menggunakan Windows Loader dapat diterapkan ke Windows 7 Ultimate 64 atau versi 32 bit, Windows 7 Professional 64 atau 32 bit atau versi dan arsitektur Windows 7 lainnya.
Dengan cara ini, Windows 7 akan diaktifkan selamanya (secara permanen), yang mana membuat Anda tidak perlu khawatir tentang kedaluwarsa.

Sumber Referensi : Nirvanaharapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *