Categories
Uncategorized

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Dan Tahan Lama

Cara Membuat keripik singkong agar renyah dan awet sangatlah mudah sekali. Ada beberapa metode cara untuk membuatnya, Berikut ini cara membuat keripik singkong yang renyah dan tahan lama.

Keripik Singkong

cara membuat keripik singkong

Keripik singkong merupakan salah satu jenis makanan ringan berupa irisan tipis umbi-umbian yang mengandung pati. Biasanya keripik singkong melalui tahap penggorengan, namun sebagian hanya melalui proses pengeringan atau pengeringan. Keripik singkong biasanya terasa asin, pedas, manis, asam, gurih, atau kombinasi dari semuanya.

Keripik adalah penganan yang terbuat dari umbi-umbian yang digoreng, dikeringkan atau dikeringkan, buah atau sayur, yang kemudian dipotong-potong tipis. Untuk mendapatkan rasa yang hangat dan renyah, keripik biasanya dicampur dengan adonan tepung dengan bumbu tertentu.

Berdasarkan pengertian keripik, keripik singkong bisa disebut makanan ringan yang terbuat dari singkong yang diiris tipis-tipis. Irisan singkong tersebut kemudian digoreng dengan rasa asin asli dengan rasa bawang yang gurih. Keripik singkong populer karena renyah dan murah. Keripik ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu luang bersama teman dan keluarga.

Singkong lebih dikenal dengan singkong atau cassava. Secara keseluruhan, tanaman ini telah dimanfaatkan baik untuk daun maupun akarnya. Akar juga disebut umbi, dengan daging buah segar atau kekuningan saat segar.

Umbi singkong tidak dapat disimpan lama setelah dipanen kurang lebih dua hari tanpa perlakuan khusus. Pada titik ini, singkong mengandung racun yang ditandai dengan perubahan warna daging buah menjadi biru tua. Racunnya adalah asam sianida.

Berbagai jenis ubi kayu sedang dikembangkan di Indonesia. Jenis atau varietas ubi kayu diklasifikasikan menurut kadar asam sianat yang dikandungnya. Ada singkong manis dan singkong pahit. Ubi kayu manis dapat dimanfaatkan secara langsung karena memiliki kandungan asam sianida yang relatif rendah.

Kandungan di bawah 40 mg asam sianida per kilogram (kg) umbi segar. Kadar sianida di bawah 40 mg bisa hilang jika singkong dibilas dengan air atau dimasak sampai mendidih, sehingga umbi singkong tetap tidak dikonsumsi langsung dalam keadaan mentah.

Membuat keripik singkong memang sangat sederhana dan tidak memerlukan keahlian khusus, namun harus diperhatikan saat memilih singkong dan teknik pembuatannya.

Menggunakan bahan singkong yang berkualitas dan juga teknik pembuatan yang baik menghasilkan keripik singkong yang enak dan renyah. Singkong yang baik untuk kentang goreng adalah singkong yang masih muda, berumur sekitar 3 bulan, tidak banyak mengandung serat dan diolah pada saat singkong masih segar.

Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Dan Tahan Lama

1. Iris Singkong Setipis Mungkin

Semakin tipis irisan singkongnya, maka kentang gorengnya akan semakin renyah. Jika Anda tidak memiliki pemarut khusus untuk singkong, Anda bisa menggunakan alat pengupas buah.

Cari pisau yang mengelupas tajam. Semakin tajam Anda, semakin sedikit usaha yang dibutuhkan dan semakin tipis hasilnya.

2. Irisan Singkong Harus Di Rendam Di Air Kapur Sirih

Jangan lupa untuk merendamnya di dalam air kapur sirih sebelum digoreng. Caranya larutkan satu sendok teh air kapur sirih dan satu sendok teh garam dalam 750 ml air. Diamkan 15 menit lalu cuci bersih.

3. Gunakan Banyak Minyak

Kunci untuk membuat keripik singkong menjadi renyah adalah dengan menggoreng irisan singkong dengan minyak yang banyak.

Irisan singkong harus benar-benar terendam dalam minyak panas. Selain itu, hati-hati terhadap api kompor, gunakan api kompor berukuran sedang.

4. Angin-anginkan Singkong Sebelum Di Celup Ke Saus

Jangan langsung mencelupkan singkong yang habis digoreng ke saus. Angin-anginkan terlebih dahulu, kemudian celupkan di saus pedas- manis yang kental.

Itulah cara membuat keripik singkong yang renyah dan tahan lama. Cara tersebut cocok untuk anda yang ingin membuka usaha keripik singkong. Anda juga bisa menggunakan mesin keripik singkong untuk membantu proses pembuatan agar cepat dalam pembuatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *