Categories
Masjid

Masjid Terbesar Di Dunia Yang Perlu Kamu Tahu

Pada kesempatan ini kita akan sampaikan informasi tentang masjid terbesar di dunia. Sebagai umat islam di Indonesia kita memiliki 2 masjid terbesar di dunia yaitu masjid Al Akbar Surabaya dan masjid Istiqlal.

Masjid Terbesar Di Dunia

Berikut adalah 10 daftar masjid terbesar di dunia.

1. Masjidil Haram

Terletak di kota Mekkah, Arab Saudi. Ini merupakan masjid terbesar di dunia serta mengelilingi salah satu tempat suci umat islam yaitu Kabah tempat dimana umat islam melaksanakan ibadah haji. Struktur masjid ini mencakup zona seluas 356. 800 m persegi( 88, 2 hektar) tercantum ruang berdoa outdoor serta indoor serta bisa menampung sampai 2 juta jamaah sepanjang masa haji, salah satu pertemuan tahunan terbanyak orang di dunia. Tidak semacam banyak masjid yang lain yang dipisahkan, laki- laki serta perempuan bisa beribadah di Al- Masjid Al- Haram bersama- sama.

2. Al- Masjid al- Nabawi

Kerap diucap Masjid Nabawi, merupakan suatu masjid yang dibentuk oleh Nabi Muhammad SAW terletak di kota Madinah. Ini merupakan tempat yang sangat suci kedua umat Islam( yang awal merupakan Masjid al- Haram di Mekah).

Masjid Nabawi merupakan masjid kedua yang dibentuk dalam sejarah serta saat ini salah satu masjid terbanyak di dunia. Sehabis perluasan pada masa pemerintahan al- Walid I, pula saat ini mencampurkan posisi tempat peristirahatan terakhir dari Muhammad serta para pemimpin Muslim dini Abu Bakar serta Umar. Jika kamu sedang ke negara Arab, maka ketika mengetahui jam masjid digital di waktu sholat, maka kamu bisa menyempatkan sholat di masjid ini.

3. Masjid Imam Reza

Terletak di Mashhad, Iran merupakan suatu lingkungan yang berisi makam Imam Reza, Imam Syiah Imamiyah kedelapan. Ini merupakan masjid terbanyak di dunia dengan ukuran serta terbanyak kedua dalam kapasitas. Pula ada dalam lingkungan meliputi: Masjid Goharshad, museum, bibliotek, 4 seminari, makam, Universitas Ilmu Islam Razavi, suatu ruang makan buat peziarah, ruang doa yang luas, serta bangunan yang lain. Lingkungan ini ialah pusat pariwisata di Iran Masjid ini sendiri meliputi zona seluas 267. 079 m persegi, sedangkan 7 taman yang mengelilingi itu mencakup zona seluas 331. 578 m persegi. sehingga secara totalitas luas sebesar 598. 657 m persegi( 6. 443. 890 kaki).

4. Masjid Faisal

Merupakan masjid terbesar yang terletak di Pakistan, yang terletak di ibu kota nasional Islamabad. Berakhir pada tahun 1986, dirancang oleh arsitek Turki Vedat Dalokay hendak berupa semacam tenda Badui gurun. Masjid Faisal dimengerti bagaikan Masjid Nasional Pakistan serta dinamai almarhum Raja Faisal bin Abdul Aziz dari Arab Saudi, yang menunjang serta membiayai proyek ini. Masjid terbanyak di Asia Selatan, Masjid Faisal merupakan masjid terbanyak di dunia dari tahun 1986 sampai 1993.

5. Taj- ul- Masajid

Secara harfiah:” mahkota masjid”, pula dieja bagaikan Taj- ul- Masaajid serta Taj- ul- Masjid merupakan suatu masjid yang terletak di Bhopal, India. Masjid ini pula digunakan bagaikan madrasah( sekolah Islam) sepanjang siang hari.

6. Masjid Istiqlal

Masji dari Indonesia yang masuk dalam salah satu masjid terbesar sekaligus masjid terbesar di Asia Tenggara serta mempunyai tower paling tinggi. Masjid ini dibentuk buat memeringati kemerdekaan Indonesia serta bernama” Istiqlal”, suatu kata bahasa Arab buat” Kemerdekaan”. Masjid ini dibuka buat universal 22 Februari 1978. Letak permukiman masjid ini terletak di sisa Taman Wilhelmina, di timur laut lapangan Medan Merdeka yang ditengahnya berdiri Monumen Nasional( Monas). Di seberang timur masjid ini berdiri Gereja Katedral Jakarta. Masjid ini sanggup menampung lebih dari 2 ratus ribu jamaah.

7. Masjid Hassan II

Merupakan suatu masjid di Casablanca ialah masjid terbesar di Maroko. negeri serta terbanyak ke- 7 di dunia. tower masjid ini merupakan paling tinggi di dunia ialah 210 m( 689 kaki). Berakhir pada tahun 1993, dirancang oleh Michel Pinseau serta dibentuk oleh Bouygues. Masjid ini berdiri di atas tanjung yang memandang keluar ke Samudera Atlantik, dasar laut yang nampak lewat lantai kaca dari lobi gedung.

8. Masjid Badshahi atau

Dalam bahasa Persia Padshahi Masjed berarti Masjid Imperial di Lahore, ditugaskan oleh Kaisar keenam Mughal Aurangzeb pada 1671 serta berakhir pada tahun 1673, merupakan masjid terbanyak kedua di Pakistan serta Asia Selatan serta masjid terbesar kelima di dunia. Epitomising keelokan, semangat serta keagungan masa Mughal, jadi energi tarik wisata utama.

9. Masjid- i Jahan- Numa

biasanya dikenal sebagai Masjid Jama Masjid dari Delhi, merupakan masjid utama Old Delhi di India. Terbuat oleh Kaisar Mughal Shah Jahan, masjid ini jadi yang terbanyak serta sangat populer masjid di India. Konstruksi diawali tahun 1650 serta berakhir pada 1656. terletak di dini Chawri Bazar Road, jalur tengah yang sangat padat jadwal Old Delhi. Pelataran masjid bisa menaruh sampai 2 puluh 5 ribu jamaah. Masjid ini pula mempunyai sebagian aset dalam lemari di gerbang utara, tercantum kopian antik dari Al- Quran yang ditulis pada kulit rusa.

10. Masjid Nasional Al Akbar

Masjid ini biasa diucap Masjid Agung Surabaya yakni masjid terbanyak kedua di Indonesia sehabis Masjid Istiqlal di Jakarta. masjid ini terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur. Posisi masjid ini terletak di samping Jalur Tol Surabaya- Porong. Karakteristik yang gampang dilihat merupakan kubahnya yang besar didampingi 4 kubah kecil yang bercorak biru. Dan mempunyai satu tower yang tingginya 99 m. Masjid Nasional Al- Akbar Surabaya dibentuk semenjak bertepatan pada 4 Agustus 1995, atas gagasan Wali Kota Surabaya dikala itu, H. Soenarto Soemoprawiro. Pembangunan Masjid ini diisyarati dengan peletakan batu awal oleh Wakil Presiden RI Try Sutrisno. Setelah itu Pada 10 November 2000, Masjid ini ditetapkan oleh Presiden RI KH. Abdurrahman Wahid.

Demikianlah nama- nama masjid terbesar di dunia, mudah- mudahan kita bagaikan umat muslim dapat khusu beribadah di masjid tersebut amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *