Categories
Islam

Menuntut Ilmu Jalan Cepat Menuju Surga

Ada hadits tentang menuntut ilmu yang artinya secara mahfum, ‘Barang siapa berjalan menuju majelis ilmu, maka akan Allah mudahkan jalannya menuju surga’.

Hadits ini mengandung keutamaan dari belajar agama, karena di dalam hadits ini makna ilmu yang di maksud adalah ilmu agama, bukan ilmu dunia secara umum.

Lalu apakah hanya berjalan saja untuk menuntut ilmu maka kita akan mudah untuk memasuki surga?, tentu ada rinciannya.

Keterangan Ulama Dalam Menerangkan Hadits Ilmu

berjalan menuju majelis ilmu

Ulama dalam menerangkan hadits ini ada yang mengatakan bahwa dengan berjalannyam saja sudah termasuk ke dalam keumuman hadits ini.

Karena seperti kita ketahui, siapa saja yang berjalan atau mendatangi majelis ilmu maka tujuannya adalah untuk mempelajari ilmu agama, ingat tidak ada niat lain, yang berarti harus ikhlas.

Dari keterangan tersebut bisa di simpulkan bahwa mendatangi atau belajar agama di majelis taklim harus dengan niat ikhlas, karena kalau tidak ikhlas maka tidak termasuk kedalam keumuman hadits ini.

Lalu ada juga ulama yang menerangkan bahwa maksud dari hadits ini adalah atau orang yang akan mendapatkan keutamaan dari hadits ini adalah siapa saja yang belajar agama dan mengamalkan ilmu yang sudah di pelajarinya maka itulah orang yang akan mendapatkan jaminan surga.

keterangan inilah yang kami ambil karena memang semua orang bisa untuk belajar agama tapi kalau niat belajar agama hanya untuk membuatnya sombong dan hanya membuatnya agar di akui sebagai seorang alim, maka tidak ada faidah sama sekali akan ilmunya.

karena sekali lagi kami tegaskan bahwa ilmu agama sejatinya adalah untuk di amalkan dalam kehidupan kita sehari-hari, kalau tidak di amalkan maka itu termasuk ilmu yang tidak bermanfaat.

Apakah Belajar Agama hanya di majelis Taklim

Kalau melihat arti dari hadits ilmu tersebut memang menghadiri majelis taklim, tapi dalam keterangannya ulama menyebutkan apapun wasilahnya maka itu termasuk kedalam hadits menuntu ilmu ini.

Misalkan sekarang di zaman yang serba mudah karena teknologi informasi yang begitu masif, dan seperti kita ketahui bahwa di dunia internet sekarang tersebar banyak sekali artikel islami dan juga video islami yang kalau kita mau belajar maka banyak sekali faidah yang bisa kita ambil.

Berjalan menuju majelis ilmu berarti, jika kita membaca buku agama, membaca website islami, menonton ceramah agama yang  jika semua itu di niatkan untuk mencari ilmu dan mengharapkan wajah Allah maka semua termasuk kedalam berjalan menuntut ilmu agama seperti yang di maksud dalam hadits tersebut.

Referensi Belajar Agama Secarta Online

Jika anda ingin belajar agama secara benar dan sahaih melalui website islami kami sarankan untuk membaca wabsite islami https://penaungu.com.

Karena website islami ini menyajikan bahasan seputar ilmu syari yang bedasarkan hadits sahih dan dengan pemahaman dari para salafus sholeh, di tulis oleh seorang yang sedang belajar agama maka tulisan di blog tersebut mudah untuk kita pahami.

Sebenarnya msih banyak website islami di internet yang bisa kita ambil ilmunya selain penaungu.com, ada juga muslim.or.id, manhajsaf.or.id, rumaysho.com, firanda.com dan masih banyak lagi.

Kata kunci untuk belajar agama secara online adalah kita harus tahu siapa pengelola website tersebut dan juga siapa para penulis dari artikel yang akan di terbitkan.

Karena banyak sekali webiste islami tapi di tulis oleh orang orang yang tidak memahami agama secara benar.

Seperti contoh webiste yang di tulis oleh orang orang liberal, orang siyah dan juga oleh para pelaku bidah, ini penting karena agar kita tidak menerima ilmu yang salah, nanti bukannya jalan surga yang di dapat malah sebaiknya yaitu mendapatkan jalan ke neraka.

Kita berlindung dari itu semua.

Wallahu A’lam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *