Categories
Uncategorized

Tips Memulai Bisnis Kelapa Tua

Buah tua memang mempunyai banyak manfaat. Pembahasan kali ini ialah tips memulai bisnis kelapa tua. Yuk kita simak bersama!

Cara Bisnis Kelapa Tua Yang Menguntungkan

Berikut, cara bisnis kelapa tua yang menguntungkan dari daging buah, air dan limbahnya.

1. Niat

Bisnis yang baik adalah bisnis yang di awali dengan niat yang kuat untuk berbisnis.

Niat yang kuat dalam bisnis akan menggerakkan seseorang untuk tetap berada di jalur bisnis yang sedang ia geluti apapun yang terjadi dalam bisnisnya baik saat sedang naik ataupun turun.

Dunia bisnis terlebih dalam bisnis kelapa memang menjanjikan namun harga pasar dari kelapa yang berubah dan selalu mengalami dinamika akan membuat seorang pengusaha pemula untuk mundur dari bisnis jika ia tidak memiliki niat yang kuat untuk terjun dalam bisnis kelapa tua ini.

2. Buat Jaringan Dengan Petani

Jika anda tidak memiliki cukup modal ataupun tidak memiliki lahan yang cukup untuk bertanam kelapa sendiri secara mandiri maka anda dapat membuat jaringan yang saling menguntungkan dengan petani kelapa.

Jadi, tidak akan ada banyak tangan yang akan tambah membuat harga kelapa mahal jika anda langsung mengambil kelapa dari para petani kelapa.

3. Kenali Pasar

Untuk menjadi sukses dalam dunia bisnis, mengenali pasar ataupun tahu dengan pasti target pasar potensial yang menguntungkan bagi bisnis anda

memang merupakan hal yang mutlak yang harus dikuasai oleh pengusaha.

Menganalisa pasar terlebih dahulu merupakan langkah awal sebelum terjun dalam dunia bisnis termasuk bisnis kelapa tua.

4. Manfaatkan Semuanya

Bisnis kelapa tua memang merupakan bisnis yang tidak mengherankan jika disebut sebagai bisnis yang tidak sia-sia karena setiap bagian kelapa dapat di manfaatkan dan bernilai ekonomi.

Contonya, kelapa tua dapat di jual secara langsung dalam bentuk bijian, parutan ataupun sedikit pengolahan dalam bentuk santan.

Tidak hanya daging kelapa tua, air di dalamnya pun bernilai karena berkhasiat bagi kesehatan bahkan kulit luar yang berupa kulit keras (batok) juga dapat dijadikan bahan kerajinan.

Selain kulit luar (batok), kulit yang berupa serabut dari kelapa tua juga lazim dimanfaatkan untuk dibuat kerajinan alat-alat rumah tangga jika di Indonesia.

Di luar negeri, pemanfaatan kulit luar kelapa tua yang berupa serabut lebih luas karena dengan teknologi modern, serabut kelapa tua dapat dimanfaatkan menjadi bahan baku karpet, jok, dasboard kendaraan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hal inilah yang menyebabkan serabut kelapa tua menjadi salah satu komoditi ekspor yang dapat memberikan keuntungan yang cukup besar karena harganya cukup mahal.

5. Jadilah Pengekspor Yang Terpercaya

Jika saat ini harga dalam negeri kurang memuaskan untuk pasaran harga kelapa tua seperti serabut kelapa tua maka anda dapat menjadi pengekspor kelapa tua yang terpercaya.

Jagalah kualitas serabut kelapa tua yang anda jual maka para importir di luar negeri pun akan menjadikan anda rekan bisnis.

Anda dapat mengajak para petani untuk bermitra dengan anda dalam mengumpulkan serabut kelapa tua dan anda bertindak sebagai pengepul dalam bisnis kelapa tua ini.

Jika anda memberikan mereka (para petani) harga yang menarik dan bekerja sama dengan sistem yang baik maka para petani juga tidak akan ragu untuk bekerja sama dengan anda sehingga sebagai pengekspor anda dapat selalu menyediakan kebutuhan pasar.

 

Selain cara bisnis kelapa tua yang patut di ketahui, sebagai pebisnis pemula anda juga harus menguasai kiat-kiat yang merupakan poin penting dalam menjalankan usaha agar sukses. Berikut, kiat-kiat atau poin-poin penting yang harus anda kuasai.

Poin Penting Yang Harus Di Kuasai

1. Lihat Dan Pelajari Kesuksesan Orang Lain

Untuk menjadi seorang pebisnis yang handal, sebagai pebisnis pemula anda harus melihat dan belajar kesuksesan orang lain.

Carilah informasi yang detail mengenai cara ataupun kiat-kiat untuk sukses dalam bisnis dari para pebisnis baik dalam bidang bisnis yang sama ataupun yang lain.

Dengan melihat contoh kesuksesan orang lain, selain dapat belajar anda juga dapat mencontoh dengan mengikuti langkah-langkah dan mengantisipasi kegagalan yang telah dihadapi oleh para pebisnis yang telah sukses.

2. Menyiasati Modal

Modal dalam usaha memang seperti merupakan akar bagi pohon namun untuk memberanikan diri menggunakan uang tabungan anda.

Jika anda sedang memiliki tabungan, jika tidak maka anda dapat mulai mencari pinjaman modal dari berbagai lembaga

3. Mencari Rekan

Jika usaha anda sudah mulai berkembang maka saat inilah anda sudah sangat perlu untuk mencari rekan bisnis yang pas.

Rekan bisnis yang pas namun rekan bisnis dalam mengelola operasional usaha juga (karyawan).

Posisikan karyawan bisnis anda seperti keluarga dan bangunlah rasa kebersamaan (yakinkan bahwa kesuksesan anda juga merupakan peningkatan kesejahteraan bagi mereka).

4. Selalu Hargai Waktu

Waktu adalah sesuatu hal yang tidak bisa dibeli bagaimanapun banyaknya uang yang anda miliki oleh karena itu hargailah waktu.

Pebisnis yang akan sukses selalu menghargai waktu dan tidak akan pernah menyikan saat ada klien meminta barang datang tepat waktu.

Ia akan selalu berusaha untuk menggunakan waktu seefektif mungkin.

5. Kelola Keuangan Bisnis Secara Profesional

Mengelola keuangan bisnis secara profesional selain dapat memudahkan dalam melihat potensi usaha juga dapat memberikan semangat dalam usaha.

Pengelolaan keuangan bisnis yang baik menunjukkan niat bisnis yang besar.

6. Cobalah Hal Baru

Sebagai contoh dalam bisnis kelapa tua, selain menjual kelapa tua dalam bentuk bijian ataupun serabut kelapa.

Kalian bisa menggunakan mesin khusus untuk menunjang produksi kalian.

Anda juga dapat mencoba untuk berinovasi dengan mengolah kelapa tua dalam bentuk minyak kelapa yang berkhasiat.

 

Nah, itu dia pembahasan tentang tips memulai bisnis kelapa tua. Semoga dapat menambah ilmu dan wawasan kalian semua. Sekian Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *