Categories
Uncategorized

Cara Bikin Tahu Walik Sederhana Lebih Hemat Dari Biasanya

Saat santai enaknya ditemani dengan cemilan tahu walik, masih belum tau cara membuatnya? simak artikel kali ini saya akan memberikan cara bikin tahu walik sederhana. Selain itu tahu juga banyak manfaatnya untuk tubuh, jangan sampai dilewatkan.

Tahu Walik

Tahu Walik

Tahu walik menjadi cemilan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur. Caranya cukup mudah, bisa membelinya di kios-kios kecil di pinggir jalan ataupun kafe, belum lagi kemampuan untuk kembali memesan camilan langka ini melalui aplikasi pemesanan makanan online.

Membuat cemilan tahu walik sebenarnya cukup sederhana. Tahu putih digoreng, setelah setengah matang dikeluarkan dulu untuk dipotong bagian tengahnya, bagian dalam tahu basah dibalik dan diisi adonan, lalu digoreng sampai garing.

Adonan gulung tahu, yaitu adonan ayam dan sapi atau hasil sintesisnya yang digiling dan dicampur dengan tepung yang dibumbui dengan bumbu seperti adonan bakso. Adonan isiannya terbuat dari daging ataupun aci, komposisi dagingnya lebih pedas.

Untuk membuat tekstur tahu lebih renyah di bagian luar, tahu, terbalik dan diisi adonan, perlu digoreng dengan minyak yang sangat panas. Ingatlah bahwa bagian dalam tahu lembab, sebelum dibalik harus dikeluarkan agar lebih renyah.

Harusnya benar-benar renyah jika adonan tidak dimasak nanti.
Cara membuat tahu walik khas banyuwangi yaitu tahu yang sudah digoreng, diiris lalu dibalik lalu diisi adonan, kemudian digoreng dengan minyak panas. selain cemilan tahu walik, keripik singkong juga enak lho.

Baca juga : Cara Membuat Tahu Balik Cocok Untuk Cemilan Sehari – hari

Cara Bikin Tahu Walik Sederhana

Cara Bikin Tahu Walik Sederhana

Bahan – bahan :

  • Tahu Berkualitas atau bisa membuat sendiri dengan mesin pembuat tahu
  • 10 sendok makan aci atau tepung tapioka
  • 2 sendok makan tepung (bisa dibuang jika suka aci kenyal).
  • 1 siung bawang putih ukuran besar, kupas, lalu haluskan
  • 1 batang daun bawang segar, iris tipis
  • Kaldu instan, ayam atau daging secukupnya
  • Merica secukupnya sesuai selera
  • Garam meja beryodium secukupnya sesuai selera
  • 150 ml air panas untuk mencampur daging cincang

Cara Bikin Tahu Walik Sederhana :

  1. Masak dulu wajan dengan mentega sampai panas, lalu masak tahu sampai empuk atau sampai muncul lapisan kulit berwarna coklat.
  2. Ambil mangkuk dan tempatkan tepung bersama dengan bawang putih, tepung aci, kaldu bubuk, merica bubuk, garam dan daun bawang cincang.
  3. Aduk semua bahan adonan rol tahu hingga rata.
  4. Setelah kalis, tambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk sesekali sampai kalis (jangan terlalu encer atau kental, sesuaikan saja).
  5. Setelah pengisian selesai, bagi tahu menjadi 2 segitiga.
  6. Buang semua isi yang bisa Anda buang atau campur dengan adonan tadi.
  7. Balikkan hingga kulitnya masuk, lalu tutup dengan adonan seperlunya.
  8. Siapkan wajan berisi sedikit minyak, lalu tambahkan tahu yang sudah diisi saat minyak sudah benar-benar panas.
  9. Balik dan goreng hingga empuk di atas api sedang, bagian dalamnya hanya agak kecokelatan.
  10. Setelah matang kriuk, angkat tiriskan minyak, dan sajikan.

Manfaat Tahu

Manfaat Tahu

1. Mencegah Anemia

Anemia berkembang ketika tubuh kekurangan zat besi, yang menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah yang sehat. Tahu, sebagai sumber zat besi yang sangat baik, membantu mencegah anemia.

2. Kerusakan Hati

Tahu mengental dengan berbagai koagulan untuk membantu mencegah kerusakan hati akibat stres oksidatif.

3. Kesehatan Otak

Tahu juga dikenal dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif pada wanita di atas 65 tahun. Kandungan lesitin dalam tahu membantu tubuh memproduksi fosfolipid, asam fosfatidat (PA), dan fosfatidilserin (PS), yang membantu fungsi neuron.

4. Mencegah Rambut Rontok

Orang juga menggunakan tahu untuk mencegah rambut rontok karena tahu mengandung keratin, protein penting untuk pertumbuhan rambut. Jadi, singkirkan produk perawatan rambut yang mahal ini dan tambahkan makanan ke dalam diet Anda.

5. Kaya Protein

Tahu, makanan kedelai lainnya, dan sayuran adalah sumber protein yang sangat baik untuk vegan dan vegetarian. Mereka juga mengandung asam amino esensial yang bermanfaat untuk kesehatan optimal.

Demikian artikel yang saya jelaskan semoga dapat menambah wawasan tentang cara membuat tahu walik dan berbagai manfaat tahu. Silahkan dicoba membuatnya dirumah, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *