Categories
Uncategorized

Cara Membuat Tahu Walik Crispy ala Rumahan Tidak Kalah Sama Restoran

Pada artikel kali ini saya akan memberikan cara membuat tahu walik crispy. Tahu walik adalah kreasi dari tahu kulit yang dibalik dan di isi adonan sesuai selera. Tahu juga banyak manfaatnya lho terlebih lagi harganya yang terjangkau.

Definisi Tahu Walik

definisi tahu walik

 

Tahu Walik merupakan salah satu santapan atau jajanan khas Jawa Timur tepatnya. Di Kabupaten Banyuwangi, jajanan ini diolah secara terbalik yaitu dibalik dengan cara dibalik dan diisi dengan berbagai jenis adonan sesuai resep tahu Walik yang ada.

Biasanya digunakan kulit tahu pong / tahu yang dibelah dan dibalik. Kemudian, tergantung selera Anda, diberikan adonan berupa adonan ayam, sapi, udang atau sosis. Anda juga bisa membuat resep Penjaga Tahu sendiri di rumah.

Namun jajanan enak ini sudah banyak dijual di daerah lain seperti Yogyakarta, Jakarta, Jawa Tengah, dan daerah lainnya. Tahu Walik kemudian menjadi jajanan laris yang dijual di pinggir jalan, di warung, dan di restoran.

Saat suasana sedang dingin atau ada reuni keluarga, teman bahkan pacar, jajanan ini sangat cocok untuk disajikan terutama di acara-acara besar seperti arisan, kumpul-kumpul, pernikahan dan acara lainnya.

Khas banyuwangi ini sebenarnya mirip dengan bakso goreng tepung. Bedanya, tahu pong atau tahu gorengnya dibalik dengan kulit di atasnya hingga kulit tahu masuk sebelum diisi dengan adonan bakso ayam. Selain cemilan tahu walik, bakwan jagung juga enak lho.

Setelah digoreng, tahu ini memiliki tampilan yang keriting, renyah dan sangat renyah. Bahkan tahu walik banyak rasa dengan bumbu yang berbeda banyak kita temui penjual penjaga terkenal disekitar kita.

Baca Juga : Cara Membuat Tahu Walik Yang Cocok Untuk Cemilan Keluarga

Cara Membuat Tahu walik Crispy

Cara Membuat Tahu Walik Crispy

Bahan – bahan :

  • 15 buah tahu pong
  • 250 gram ayam cincang
  • 1 batang daun bawang
  • 100 ml air
  • 2 siung bawang putih (cincang halus)
  • Tepung secukupnya
  • Bubuk merica secukupnya
  • Jumlah minyak yang benar

Cara Membuat Tahu Walik Crispy :

  1. Pilihlah tepung yang berkualitas atau bisa membuat sendiri dengan mesin penepung
  2. Gunting tahu. Jangan biarkan diri Anda dipotong. Balik bagian dalam untuk mengetahui.
  3. Campur semua bahan. Aduk hingga rata, kecuali tahu dan minyak.
  4. Isi tahu dengan adonan. Lakukan sampai selesai.
  5. Goreng hingga berwarna cokelat dan matang dalam minyak panas.
  6. Sajikan tahu renyah dengan kecap.

Nutrisi Tahu

Nutrisi tahu

Tahu kaya akan nutrisi, antara lain:

  • Protein berguna untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh sebagai sumber energi, untuk produksi enzim dan hormon, serta untuk produksi antibodi.
  • Asam amino bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, menjaga keseimbangan enzim dan hormon, menjaga kadar cairan, serta memperbaiki jaringan tubuh dan membuat antibodi.
  • Kalsium berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan tidak keropos serta menjaga gigi agar tidak berlubang untuk membantu sistem saraf bekerja dengan pembekuan darah dan ketegangan otot.
  • Selenium bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan radikal bebas, menjaga kesehatan fungsi tiroid, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mengurangi gejala asma.
  • Fosfor membantu ginjal untuk tetap stabil, membentuk DNA dalam tubuh, membantu otot dan saraf bekerja maksimal dan memastikan keasaman yang seimbang dalam darah.
  • Magnesium bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mencegah dan mengurangi stres, meredakan sakit kepala, baik untuk penderita diabetes, menjaga kesehatan tulang agar tidak keropos, baik untuk jantung.
  • Zat besi sangat bermanfaat untuk tulang dan gigi agar tidak menyebabkan sakit gigi atau masalah tulang lainnya
  • Seng bermanfaat dalam meningkatkan kualitas sperma, mengatasi diare, meningkatkan fungsi kognitif dalam meningkatkan daya ingat dan pembelajaran kita, mengurangi peradangan, mengatasi jerawat, memperkuat kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka fisik, dan mengurangi risiko penyakit lama.
  • Tembaga memiliki sifat antioksidan, menjaga sistem kekebalan tubuh, mendukung produksi kolagen, mencegah osteoporosis, dan menjaga kesehatan jantung.

Demikianlah artikel yang saya jelaskan semoga bermanfaat dan menambah ilmu tentang tahu walik dan cara membuatnya. silahkan dicoba dirumah masing – masing, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *