Categories
Uncategorized

Cara Membuat Tahu Walik Sederhana Murah, Mudah, Enak

Ingin cemilan yang enak dan tidak ribet membuatnya? Coba cara membuat tahu walik sederhana yang mudah ini. Selain itu tahu walik juga banyak manfaatnya untuk tubuh, tahu walik sekarang ini sudah populer dikalangan masyarakat.

Definisi Tahu Walik

Definisi Tahu Walik

Tahu rolik adalah makanan ringan atau snack yang terbuat dari olahan tahu khas Banyuwangi Jawa Timur yang digoreng dengan aci dan bahan lainnya. Ini disebut roller, yang juga berarti terbalik, karena cara pembuatan tahu adalah dengan roller terbalik.

Setelah tahu digoreng, dibelah dan diikuti isinya yang biasanya berupa adonan ashi atau tepung tapioka dengan ayam, makarel, daging sapi, atau sesuai selera.

Selain di Jawa Timur, popularitas resep tradisional berbahan dasar tahu sebagai bahan utamanya kini juga berkembang di Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan daerah lainnya. Cemilan ini enakannya ditemani minuman yang segar seperti avocado coffe.

Membuat tahu renyah walik Banyuwangi juga tidak sulit dan tidak membutuhkan banyak bahan. Jadi sangat praktis untuk merasa seperti di rumah sendiri. Meski sama-sama bahan utama, tahu ini lebih renyah dan renyah dibandingkan jajanan tahu olahan lainnya.

Ternyata kunci dan rahasia itu muncul dari fakta bahwa kulit terluarnya terbalik. Selain cangkang tahu yang dibalik, keunikan lainnya adalah bagian dalamnya yang terbuat dari aci serta bahan tambahan dan rempah-rempah lainnya.

Baca juga : Cara Bikin Tahu Walik Krispi Dengan Bahan Yang Sederhana

Cara Membuat Tahu Walik Sederhana

Cara Membuat Tahu Walik Sederhana

Bahan – bahan :

  • 10 potong tahu matang atau tahu putih, sangrai dulu
  • 10 sendok makan aci atau tepung tapioka
  • 2 sendok makan tepung (bisa dibuang jika suka aci kenyal).
  • 1 siung bawang putih ukuran besar, kupas, lalu haluskan
  • 1 batang daun bawang segar, iris tipis
  • Kaldu instan, ayam atau daging secukupnya
  • Merica secukupnya sesuai selera
  • Garam meja beryodium secukupnya sesuai selera
  • 150 ml air panas untuk mencampur daging cincang

Cara Membuat Tahu Walik Sederhana :

  1. Jika ingin membuat tahu yang berkualitas bisa menggunakan mesin pembuat tahu
  2. Masak terlebih dahulu wajan dengan mentega hingga panas, lalu masak tahu hingga empuk atau hingga muncul lapisan kulit berwarna cokelat dan tiriskan airnya.
  3. Ambil mangkuk, lalu tambahkan tepung bersama bawang putih, tepung aci, kaldu bubuk, merica bubuk, garam dan daun bawang cincang.
  4. Aduk semua bahan adonan ke dalam penggulung tahu hingga rata.
  5. Setelah tercampur, tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam air panas sambil sesekali diaduk hingga kalis (jangan terlalu encer atau kental, sesuaikan saja).
  6. Setelah isian selesai, bagi tahu menjadi 2 segitiga.
  7. Keluarkan isinya, bisa Anda buang atau campur dengan adonan aci tadi.
  8. Balikkan hingga kulitnya masuk, lalu taburi dengan adonan ashi seperlunya.
  9. Siapkan wajan berisi sedikit mentega, lalu tambahkan tahu isi saat mentega sudah benar-benar panas.
  10. Balik dan goreng sampai empuk dengan api sedang, masak sedikit di dalamnya.
  11. Setelah matang, angkat dan saring sedikit, lalu sajikan.

Manfaat Tahu Walik

Manfaat Tahu Walik

1. Mengurangi resiko kanker

Tahu mengandung isoflavon, antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kedelai dan makanan olahan kedelai, termasuk tahu, dapat menurunkan risiko kanker, terutama kanker prostat, kanker usus besar (kolorektal), dan kanker payudara.

2. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Karena kandungan proteinnya yang tinggi, tahu dapat menggantikan protein hewani dalam menu makanan Anda. Kandungan protein nabati pada tahu diduga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) tubuh, tekanan darah tinggi, dan risiko aterosklerosis. Kandungan bahan aktif dalam kedelai dan tahu juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Osteoporosis

Kandungan isoflavon pada tahu dipercaya dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko pengeroposan tulang.

4. Diabetes melitus tipe 2

Pola makan sehat yang menyertakan kedelai dan makanan olahan, termasuk tahu, dalam makanan harian Anda dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Ini diduga karena nutrisi dalam tahu, yang dapat membantu meningkatkan kadar lemak dan mencegah resistensi insulin dalam darah.

5. Baik untuk fungsi otak dan elastisitas kulit

Kandungan isoflavon dan lesitin pada tahu dipercaya memiliki efek yang baik untuk fungsi otak dan daya ingat. Selain itu, isoflavon secara signifikan dapat mengurangi penuaan dini dan meningkatkan kekencangan kulit.

Demikian artikel yang saya jelaskan semoga dapat menambah manfaat tentang cara membuat tahu walik dan manfaatnya. Silahkan dicoba dirumah masing masing, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *