Categories
Teknologi

Cara Mengatasi Jam Tangan Yang Tidak Menyala Setelah Mengganti Baterai

Arloji atau jam tangan merupakan sebuah alat yang berfungsi sebagai penunjuk waktu yang praktis dan efisien. Jam tangan sendiri adalah alat penunjuk waktu yang dipakai di pergelangan tangan yang juga bisa berfungsi sebagai jenis perhiasan. Pertama kali diperkenalkan pada abad ke 16, jam tangan berkembang pesat dan dipakai oleh berbagai kalangan baik laki-laki maupun perempuan.

Saat ini jenis jam tangan sangat beragam mulai dari jam tangan mekanik hingga jenis jam tangan yang menggunakan panel surya. Selain itu, jam tangan yang menggunakan baterai juga merupakan salah satu jenis jam tangan yang paling umum ditemukan. Perusahaan jam tangan ternama seperti jam tangan Casio, Seiko, Citizen, dan Orient memiliki jam tangan bertenaga baterai yang cukup populer.

Jam tangan yang menggunakan baterai biasanya lebih banyak diminati karena perawatannya yang mudah dan harganya yang lebih terjangkau. Namun, walaupun memiliki perawatan yang cukup mudah, ada beberapa kendala yang biasanya cukup menyulitkan bagi pengguna baru. Diantara kendala yang bisa ditemui adalah ketika jam tangan mulai meredup atau tiba-tiba mati dan tidak menyala.

Jika jam tangan tiba-tiba meredup atau tiba-tiba mati, biasanya penyebabnya adalah baterai jam tangan yang sudah habis. Cara mengatasinya adalah mengganti baterai jam tangan tersebut dengan baterai yang baru yang sama jenisnya dengan baterai yang lama. Setelah baterai diganti, jam tangan akan berfungsi kembali, namun terkadang jam tangan ternyata tetap tidak menyala setelah ganti baterainya.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan agar jam tangan berfungsi kembali setelah baterai diganti:

Pastikan baterai penggantinya sama

Pertama, pastikan baterai jam tangan yang diganti sama dengan jenis baterai jam tangan yang sebelumnya dipakai pada jam tangan. Banyak baterai untuk jam tangan memiliki tampilan yang mirip satu sama lain namun sebenarnya terdapat beberapa yang berbeda. Sehingga, pastikan baterai yang digunakan memang sesuai dengan jam tangan agar jam tangan bisa kembali berfungsi seperti sebelumnya.

Cek pengunci baterai pada jam tangan

Kedua, setelah memastikan bahwa baterai jam tangan yang diganti memang sesuai, maka cek pengunci baterai yang ada di jam tangan. Terkadang pengunci baterai yang longgar akan membuat jam tangan yang baru diganti baterainya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Oleh karenanya, pastikan tidak ada baut atau pengait pada pengunci baterai yang longgar setelah dilepaskan saat mengganti baterai.

Sambungkan kontak reset di jam tangan

Ketiga, jika jam masih belum menyala setelah melakukan dua langkah diatas maka periksalah bagian kontak reset di dalam jam tangan. Pada bagian dalam bawah jam tangan biasanya ada tulisan reset dan dua buah kontak disana. Sambungkanlah dua kontak tersebut dengan menggunakan obeng minus atau perantara dari bahan besi agar jam tangan berfungsi kembali.

Bersihkan bagian konektor baterai

Keempat, setelah melakukan langkah ketiga namun jam tangan masih belum berfungsi, langkah selanjutnya adalah periksalah konektor baterai. Di konektor baterai biasanya seringkali kotor jika baterai lama tidak kunjung diganti sehingga menyisakan cairan yang menutupi konektor. Bersihkanlah kotoran dan cairan yang menghambat sambungan baterai dengan konektor menggunakan kain yang lembut serta gosok perlahan.

Periksa baterainya

Terakhir, jika keempat langkah diatas sudah dilakukan namun jam tangan tetap mati, maka periksalah kembali baterai penggantinya. Ada kemungkinan baterai tersebut memang sudah rusak karena berbagai hal walaupun waktu dibeli masih dalam kondisi tersegel. Selain itu, bisa saja baterai yang dibeli sudah expired atau kadaluarsa sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *