Categories
Kesehatan

Langkah Menyikat Gigi Si Kecil

Langkah Menyikat Gigi Si Kecil

Menyesuikan Sang Kecil buat giat menggosok gigi wajib diawali semenjak dini. Tetapi jangan asal menggosok gigi, metode serta aturannya juga wajib dicoba dengan pas. Buat itu, ayo ajarkan Sang Kecil metode menggosok gigi dengan benar. Baca juga terkait poster kesehatan gigi .

Semacam yang dikatakan Jalinan Dokter Anak Indonesia, kehancuran gigi tidak cuma mempengaruhi senyum riang Sang Kecil, tetapi pula bisa mengusik perkembangan fisiknya, semacam perkembangan rahang, sendi, serta lapisan gigi. Buat mencegahnya, teratur gosok gigi 2 kali satu hari sepanjang paling tidak 2 menit sangat dibutuhkan. Ayo, ajak Sang Kecil gosok gigi!

Langkah- langkah buat Menggosok Gigi Anak

1. Memilah Gosok Gigi

Seleksi gosok gigi berbulu lembut yang didesain spesial buat gigi serta mulut anak, setelah itu bagikan pasta gigi yang memiliki flouride. Buat anak di dasar 3 tahun, American Academy of Pediatrics menganjurkan pemberian pasta gigi sebesar 1 butir beras. Buat anak 3- 6 tahun, bagikan pasta gigi sebesar 1 biji jagung.

2. Berkumur

Ajak Sang Kecil berkumur terlebih dulu. Hendaknya bagikan dia air matang, supaya lebih nyaman bila terisap.

3. Menggosok Gigi Bagian Depan

Mulai dengan menggosok gigi bagian depan. Yakinkan gerakannya benar, ialah satu arah dari gusi ke gigi. Supaya Sang Kecil gampang mengingatnya, sebut saja“ dari merah ke putih” alias dari gusi ke gigi.

4. Menggosok Gigi Bagian Dalam

Lanjutkan dengan menggosok gigi bagian dalam. Arahkan bulu gosok ke dasar, serta gosok gigi dari dasar ke atas sebanyak 10 kali. Ulangi gerakan yang sama buat gigi atas, dengan bulu gosok menghadap ke atas.

5. Menggosok Gigi Bagian Samping

Saat ini saatnya menggosok gigi sebelah kiri serta kanan. Dalam posisi mulut terkatup, gosok memutar dengan lembut dari gigi sangat balik ke depan.

6. Menggosok Geraham

Buat menggosok permukaan gigi geraham, memohon Sang Kecil menggerakkan tangannya ke depan serta balik. Setelah itu balik arah bulu gosok gigi ke atas buat menggosok permukaan geraham atas.

7. Berkumur Kembali

Terakhir, memohon Sang Kecil buat melepeh sisa pasta gigi di dalam mulut, setelah itu memohon dia berkumur 2 kali dengan air matang.

4 Panduan buat Menggosok Gigi Anak

Bagi IDAI, Moms bisa menolong anak terbiasa buat mensterilkan rongga mulut dengan teratur mensterilkan gusinya semenjak belum berkembang gigi. Metode ini pula efisien kurangi sensitivitas anak( semacam gampang muntah) sebab masuknya gosok gigi ke dalam mulut.

Menggosok gigi 2 kali satu hari hendaknya dicoba sehabis makan pagi serta saat sebelum tidur, bukan dikala mandi pagi serta sore.

Supaya Sang Kecil lebih aman dalam menggenggam gosok gigi, seleksi gosok gigi dengan gagang yang tebal. Ataupun Moms dapat membalut gagangnya dengan handuk kecil supaya anak lebih gampang menggenggamnya.

Jangan kurang ingat beri pujian sehabis Sang Kecil berakhir menggosok giginya dengan benar.( Tiffany/ Dok. M&B Indonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *