Categories
Teknologi

Tips Mencari VPS Murah Meriah

Memilih vps murah meriah yang sesuai dengan kebutuhan memanglah bukan perkara yang mudah. Banyak sekali yang harus dipertimbangkan untuk memilih VPS yang sesuai kebutuhan anda. Mulai dari spesifikasi vcore, Besaran RAM, hingga limit data yang dibutuhkan.

Menentukan Spesifikasi VPS Murah Meriah

Menentukan Budget

Hal pertama yang harus ditentukan adalah berapa budget dari project anda. Jangan ragu untuk menentukan budget. Sebelum membeli vps murah meriah, pastikan anda sudah menentukan margin pada project yang ingin anda bangun. Jika itu adalah project mandiri anda, maka tentukan dulu modal yang ingin anda habiskan untuk VPS.

vps murah meriah

Alokasi dari sewa VPS tidak harus anda habiskan untuk VPS. Anda bisa menentukan untuk menyewa VPS murah dibawah budget. Sisa dari alokasi sewa VPS bisa anda alokasikan untuk yang lain atau anda masukkan ke profit margin.

 

Menentukan vCore

Vcore adalah komponen terpenting dalam vps. vcore sendiri sama halnya sebuah prosesor dalam sebuah komputer. Vcore digunakan untuk mengolah data atau logika pemrograman yang anda jalankan. Tanpa vcore maka software yang anda telah install di vps tidak bisa dijalankan sama sekali.

 

Tentunya untuk vps murah meriah tidak bisa berharap akan mendapat vcore beberapa core. Dengan budget misalkan 100rb per bulan, kemungkinan kita akan mendapat vcore maksimal 2 vcore saja. Namun bukan berarti tidak ada yang menawarkan lebih dari itu.

Menentukan RAM

RAM adalah kebutuhan mendasar sama halnya vcore. Jika vcore adalah otak, maka RAM adalah ruang kerja. Ini seperti hubungan antara tubuh dan otak manusia. RAM seperti halnya tubuh dan vcore adalah otak manusia. Tanpa keduanya yang saling mendukung, maka VPS tidak akan produktif.

Semakin besar RAM, maka semakin baik untuk kinerja program anda. Namun yang pertama harus kita cari tahu sebelum membeli vps murah meriah adalah seberapa besar minimum RAM yang dibutuhkan untuk menjalankan Sistem operasi dan program yang anda install. Misalkan OS dan software anda butuh total 1GB RAM, maka penggunaan VPS dengan ram 1,5GB atau 2GB akan sangat baik.

 

Semakin banyak RAM yang tersisa, maka akan digunakan untuk data memori Cache. Memory cache ini akan mempercepat proses pengolahan data dari setiap software yang berjalan di VPS anda. Semakin cepat pengolahan datanya maka akan membuat vps anda semakin produktif.

 

Menentukan Space Penyimpanan

Untuk fungsi space penyimpanan tentu sudah banyak yang mengetahuinya. Sama halnya dengan perangkat komputer kita, tanpa space penyimpanan maka software tidak dapat berjalan dan data yang diolah tidak dapat disimpan. anda cukup menentukan berapa besar space yang anda butuhkan.

Untuk space penyimpanan tidak perlu terlalu besar, karena hal ini tentu bisa mempengaruhi harga dari vps murah meriah yang akan anda beli. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan dari software dan data yang akan anda simpan. Toh jika dibutuhkan anda bisa upgrade penyimpanan VPS anda jika dibutuhkan.

 

SSD Vs HDD

SSD dan HDD sebenarnya adalah teknologi penyimpanan. Fungsinya sama – sama menyimpan data. Namun kedua jenis penyimpanan ini memiliki fitur yang berbeda. SSD memiliki fitur lebih baru dari HDD, namun memiliki harga yang lebih mahal dari storage tipe SSD.

 

SSD adalah jenis penyimpanan yang menggunakan IC sebagai memory nya. Keuntungan dari penggunaan IC ini adalah memiliki bandwidth yang besar dan proses iops yang tinggi. Hal ini membuat proses kinerja dari software menjadi minim bottleneck. Penggunaan SSD tentu akan ikut mempengaruhi harga dari vps murah meriah yang akan anda gunakan.

 

Meskipun lebih cepat bukan berarti software anda akan berjalan lebih optimal, meskipun dalam kebanyakan kasus SSD akan membuat software memang lebih cepat. Pada dasarnya penggunaan SSD dapat mengurangi bottleneck dari sisi hardware. Namun tak jarang bottleneck juga ada di sisi software sehingga penggunaan SSD menjadi sia – sia. Untuk itu, penentuan budget dan spesifikasi sangat diperlukan sebelum memilih vps murah.

 

Menentukan Bandwidth

Hal lain yang perlu anda pertimbangkan adalah bandwidth dan volume data bulanan. Ada operator yang menawarkan 100Mbps ada juga yang 1Gbps. Selain itu ada yang menawarkan unlimited dan dengan limit volume data tertentu seperti 500GB atau 1TB perbulan.

 

Jika software di vps anda tidak memerlukan bandwidth besar dan volume data berlimpah, buat apa mencari vps murah meriah dengan bandwidth besar. Sebaiknya sesuaikan spesifikasinya agar anda dapat memperoleh harga yang terbaik. Volume data 500GB perbulan jika digunakan untuk website maka sudah dapat menampung jutaan pengunjung dalam satu bulan. Tentu tergantung data dari halaman di website anda.

Memang mencari vps murah meriah yang sesuai dengan budget yang sangat minim tidaklah mudah. Membutuhkan effort yang besar untuk mencari provider dan paket yang tepat. Panduan kami diatas setidaknya bisa mempermudah anda untuk menentukan pilihan.

 

Menurut pengalaman kami, provider yang memiliki umur usaha lebih dari 2 tahun termasuk cukup matang untuk dipertimbangkan. Semakin lama umur usaha hosting terkait maka bisa menjadi pertimbangan semakin kuat untuk menggunakan vps murah meriah dari mereka.


Selain itu review dan support dari hosting terkait juga harus anda cermati. Provider besar dengan ribuan konsumen tentu memiliki satu atau beberapa konsumen yang kurang puas. Namun anda bisa mengamati bagaimana tanggapan provider terkait atas konsumennya yang kurang puas. Hal ini bisa menjadi parameter ketika anda masuk dan menjadi pelanggan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *